KISAH BALASAN DARI ALLAH KARENA BERBAKTI PADA ORANG TUA


Pada suatu hari Nabi Sulaiman as. mendapat wahyu dari Allah untuk pergi kesebuah pantai, dan beliaupun pergi kepantai itu dengan membawa bala tentara jin dan manusia. Setibanya di pantai beliau menoleh ke kiri dan ke kanan akan tetapi tidak menemukan apapun.
Kemudian beliau berkata pada salah satu Jin Ifrit: "Menyelamlah, dan ceritakan padaku apa yang engkau temui di dalam sana."
Maka Jin itupun menyelam kedalam laut dalam waktu yang relatif singkat. Dan setelah jin itu keluar dia melapor pada Nabi Sualiman
"Saya telah menyelam di kedalaman sekian, akan tetapi saya tidak menemukan apapun" Ucap Jin itu
Nabi Sulaiman lalu menyuruh Jin Ifrit lain untuk menyelam dan memberi tau apa yang ia temukan. Dan Jin itupun menyelam dalam waktu yang relatif singkat pula, namun ia pun juga tidak menemukan apa-apa walaupun telah menyelam dua kali lipat lebih dalam dari jin yang pertama.
Kemudian nabi menyuruh Asif bin barkhia -yang mana beliau merupakan wazir Nabi Sualiman dan dialah yang mendatangkan singgasana Ratu Bilqis dari negri saba'- lalu beliau menyelam dengan kedalaman tiga kali lipat jin yang pertama, dan di kedalaman lautan beliau menemukan kubah putih yang memiliki empat buah pintu dan kesemuanya terbuka, akan tetapi sama sekali tidak dimasuki air. Pintu-pintu itu ada yang terbuat dari mutiara, yakut, dan zabarjat hijau.
Beliau kemudian meletakkan kubah itu dihadapan Nabi Sulaiman. Dan ternyata didalamnya ada seorang pemuda yang sedang sembahyang. Nabi sualiman kemudian memasuki kubah itu, beliau memanggil salam pada pemuda itu dan bertanya penyebab ia bisa berada di kedalam lautan.
Maka pemuda itu menjawab: "Wahai nabi Allah, sesungguhnya saya memiliki ayah yang lumpuh dan ibu yang buta, dan saya selalu berkhidmad pada mereka selama 70 tahun. Dan sebelum ibu saya wafat, beliau berdoa "YA ALLAH PANJANGKANLAH USIA ANAKKU DALAM TAAT PADAMU"
Dan sebelum ayah saya wafat beliau juga berdoa "YA ALLAH LETAKKANLAH ANAKKU DITEMPAT YANG TAK TERJANGKAU OLEH SYETAN".
Dan setelah orang tua saya wafat, saya berjalan-jalan di pantai ini, dan saya menemukan kubah ini, sayapun masuk kedalamnya untuk melihat keindahannya. Namun saat saya masih berada di dalamnya, tiba-tiba ada Malaikat yang membawa kubah itu kedasarr laut."

Nabi Sulaiman kemudian bertanya: " kapan engkau yang mendatangi pantai ini.?"
"Di saat zaman Nabi Ibrohim as." jawab pemuda itu
Nabi Sulaiman lalu melihat semacam kalender dan ternyata waktu itu telah berlalu 1400 tahun, namun sama sekali tidak nampak tanda penuaan pada pemuda itu.
Lantas beliau bertanya lagi: "terus bagaimana dengan makanan dan minumanmu bisa masuk kedalam lautan ?"
Pemuda itu lalu menjawab: "Setiap hari ada se ekor burung hijau mendatangi saya,dan diparuhnya ada sesuatu seperti kepala manusia berwarna kuning, dan rasanya seperti semua makanan paling enak yang ada di dunia, yang jika saya memakannya maka segala rasa lapar, dahaga, panas, dingin,rasa penat dan kesunyianku akan sirna"
Nabi Sulaiman akhirnya berkata: "Apakah engkau ingin tinggal bersama kami,ataukah engkau ingin kembli ke tempat asalmu ?"
"Kembalikanlah saya ke tempat semula wahai Nabi Allah" Jawab pemuda itu
Nabi Sulaiman kemudian menyuruh Asif untuk mengembalikan pemuda itu ke tempatnya semula dan berkata: "LIHATLAH BAGAIMANA ALLAH MENERIMA DOA ORANG TUA, JADI BERHATI-HATILAH KALIAN JANGAN SAMPAI MENYAKITI MEREKA"
Sumber: Kitab IRSYADUL IBAD hal 98-99
Dan kisah yang sama namun dengan riwayat yang berbeda didalam kitab:
AN-NAWADIR hal 23-24

Related Posts:

0 Response to "KISAH BALASAN DARI ALLAH KARENA BERBAKTI PADA ORANG TUA"

Posting Komentar